Cara Mengobati Luka Pada Ayam Setelah Bertanding

Tuesday, March 22, 2016

Cara Mengobati Luka Pada Ayam Setelah Bertanding adalah permintaan dari para pecinta ayam untuk di buatkan artikelnya. Kadang ada beberapa yang bingung bagaimana menghilangkan trauma bagi ayam adu yang mengalami kekalahan dan si empunya berharap ayama andalannya dapat di adukan kembali.
Cara Mengobati Luka Pada Ayam Setelah Bertanding
Ayam aduan setelah bertanding umumnya mengalami kecapean dan kenjang otot yang luar biasa bahkan kadang otot-otonya mengalami kerusakan  termasuk ayam yang mengalami luka pada bagian tubuhnya. Hal ini membuat ayam tersebut mengalami trauma, mengalami tidak napsu makan, mengantuk dan malas bergerak.

Jika anda melihat gejala seperti ini berarti ayam anda mengalami gejala penyakit Lesu pada ayam yang setelah di adu pada pertandingan . anda memiliki kewajiban untuk menyembuhkan secepatnya ayam adu anda karena jika ayam adu anda sembuh berakibat pada kualitas pukulan dan energi serta semangat untuk bertandingnya dan tidak mustahil ayam kita akan rusak.
Oleh karena itu ayam yang sudah diadu harus kitarawat tidak seperti biasanya karena menurunya energi /stamina akibat pertarungan ayam yang mengalami lua, kecapean atau menderita penyakit lesu  harus disembuhkan dalam waktu singkat .

Adapun cara-cara mengobati penyakit Lesu setelah bertanding adalah :

Pengobatan dan Perawatan

  • Ayam yang sudah bertanding pada siang / sore hari tidak usah diberikan makan, tetapi kita harus menempatkan  di kandang yang tertutup dimana terhindar dari angin malam / terhindar dari kedinginan karena hal itu dapat memperparah ayam tersebut.
  • Pagi harinya ayam yang mengalami luka di berikan makan susu bayi dengan sedikit air lalulu di lolohkan ke mulut ayam dengan kira-kira dua – tiga lolohan saja, setelah itu diberikan air minum (gunakan air putih saja).  Cara ini dilakukan selama 3 hari berturut-turut selama 3 hari. Setelah itu di berikan daging kambing kurang lebih 2 – 3 irisan ditambah dengan sebuah telur bebek atau telur ayam.
    Mengapa harus menggunakan susu bayi, karena pada saat tersebut pencernaan ayam masih belum stabil karena habis berkelahi / bertanding sehingga jika langsung di berikan makanan yang keras berakibat pada pencernaan ayam tersebut.

Diharapkan ayam yang sudah di obatin akan kebali normal dalam waktu kurang lebih dari seminggu. Tambahan apabila ayam mengalami luka luar baik tusukan jalu atau tusukan pisau atau tusukan benda lainnya. Ayam  adu tersebut di berikan obat-obatan manusia, umumnya memakai AMOXILIN yang dapat di beli di apotik. Obat ini menurut pecinta ayam sangat aman untuk ayam di bandingkan dengan obat-obatan lainnyauntuk luka ayamnya di bersihkan dari kotoran bisa diberi betadin ataupun tidak di berikan.

Setelah ayam sembuih dari penyakit lesu dan luka, jangan langsung terburu-buru diadukan hingga 3 minggu karena umumnya ayam yang mengalami luka sobek baik luka sobek badan atau luka sobek otot umumnya biasa sembuh kurang lebih 3 minggu.

Semoga artikel ini cukup membantu para pecinta Sabung Ayam dalam merawat ayam adunya, cintailah ayam adu anda karena bagaimanapun  Ayam Adu anda adalah mahluk hidup yang perlu  di jaga.