Fungsi Daun Sirih Terhadap Ayam Aduan

Saturday, October 29, 2016

Fungsi  Daun Sirih Terhadap Ayam Aduan ternyata memiliki kegunaan untuk ternak ayam aduan walaupun kebanyakan sekarang digunakan untuk ternak ayam kampung dan sudah banyak peternak yang tahu akan hal ini.

Seperti bahan alami lainnya bahwa daun sirih merupakan tanaman obat yang mujarab bagi hewan. Tidak hanya untuk ayam aduan, tapi manusia juga menggunakan daun sirih sebagai pengobatan tradisional. Berikut penjelasan dan pengalaman beberapa peternak ayam tentang kegunaan daun sirih tersebut:

  1. Sebagai antiseptik dan antibiotik untuk tubuh ayam aduan.
  2. Daun sirih yang muda ternyata juga berguna untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Cara pemberiannya bisa ditumbuk lalu dilolohkan ke ayam.
  3. Untuk Mengobati Luka/pendarahan. Daun sirih sering digunakan pada ayam yang terkena masalah akibat kanibalisme, bertarung, maupun akibat luka masalah perkandangan. Contoh setelah ayam dipatuk (cocok juga diberikan saat ayam setelah diadu biasanya mata ayam sedikit kering dan berdarah). Dengan memberikan air daun sirih ini mata ayam kembali cerah dan bening. selain pakai daun sirih anda juga bisa mengobati luka/pendarahan atau menutup luka dengan daun kelor.
  4. Sebagai pestisida alami. Daun sirih dapat dijadikan sebagai pestisida atau obat semprot kandang yang bisa dicampur dengan obat lain. Biasanya dicampur untuk menyemprot tempat bertelur ayam agar bebas dari hama penghisap seperti nyamuk.
  5. Sebagai penghilang bau kotoran ayam. Memang daun sirih tidak begitu ampuh dalam menghilangkan bau kandang akibat kotoran ayam, namun dengan manfaat daun sirih yang mempunyai fungsi memperlancar pencernaan dan membunuh bakteri saya rasa cukup bermanfaat. Selain mengurangi bau kotoran ayam, si ayam juga akan lebih sehat.
  6. Pakan Organik. Daun sirih aman dikonsumsi bagi manusia ataupun hewan khususnya ayam aduan. Jadi pemberian pakan untuk ayam aduan bila menggunakan sistem organik dapat pula diberikan kepada ayam.
  7. Menghilangkan ngorok pada ayam. Daun sirih juga dapat mengobati ngorok pada ayam. Yaitu dengan cara memberikan air rebusan daun sirih pada ayam yang ngorok selama 1 bulan. Hal ini sudah banyak terbukti akan didapat kesembuhannya. Tentu dicampur dengan jeruk nipis dan air hangat.

Semoga Fungsi  Daun Sirih Terhadap Ayam Aduan  dapat diterapkan kepada ayam aduan anda agar dapat tumbuh sehat dan kuat.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga