Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok Aduan

Saturday, October 29, 2016

Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok Aduan atau Fowl pox (FP) merupakan penyakit yang menyerang unggas khususnya ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epitheliptropic dari genus Avipox, family Poxviridae.

Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok Aduan
Penyakit unggas yang ditimbulkan oleh infeksi virus antara lain syaraf leher, flu ayam, cakar ayam maupun cacar ayam. Penyakit cacar pada ayam atau Fowl Pox yang sering juga disebut sorehead, avian dhypteria Virus ini memiliki sifat tahan dalam kondisi kering dan dapat bertahan hidup berbulan-bulan ditempat yang terkontaminasi.

Pada bentuk kering angka kesakitan dan angka kematian rendah (1-2)%, tetapi pada bentuk basah angka kematian bisa mencapai 5%. Cacar ayam (Fowl Pox) merupakan penyakit infeksi yang penularanya sangat lambat. Pada ayam petelur umumnya menginfeksi pada saat mulai bertelur. Pada ayam pedaging menyebabkan pertumbuhan terhambat.

CARA PENULARAN
Masa inkubasi 6-14 hari. Penularan penyakit berlangsung 2-3 minggu. Penyakit menular secara horizontal dari ayam sakit ke ayam sehat. Pada umumnya cacar ayam ini ditularkan melalui luka di kulit, akan tetapi di duga melalui keropeng tertular yang dimakan.

Penularan secara kontak langsung dapat terjadi, misalnya karena patuk mematuk antara ayam sakit dan ayam sehat. Virus masuk melalui luka akibat patukan tadi. Dari luka virus masuk kedalam peredaran darah dan setelah melalui masa inkubasi yang lamanya 6-14 hari maka peradangan cacar akan timbul.

Berdasarkan lokasi lesinya, ada tiga bentuk penyakit cacar ayam, yaitu : bentuk kulit (cutaneus), diffteria dan bentuk roup. Pada bentuk kuli, di tandai dengan adanyan bungkul -bungkul cacar dengan ukuran yangbervaraiasi pada pangkal paruh, kelopak mata, kulit kepala, jenger, pial , kulit kaki dan jari kaki. Bungkul-bungkul tadi dapat menutupi mata ayam penderita. Bentuk kulitseperti ini biasanya ditemukan pada ayam muda.

Nyamuk dianggap sebagai penular cacar ayam yang utama. Diketahui ada beberapa jenis nyamuk dapat menularkan virus cacar ayam. Nyamuk tertular waktu menghisap darah ayam penderita. Bila nyamuk tertular tadi kemudian menghisap darah ayam yang sehat maka virus cacar ayam akan masuk ke dalam darah ayam ini melalui luka tusukan tadi. Ada yang menduga bahwa nyamuk itu bersifat infektif untuk selama hidupnya.

GEJALA KLINIK
Terdapat 2 bentuk Fowl Pox, bentuk kering dan bentuk basah. Mula – mula terbentuk papula kecil berwarna kelabu di daerah kulit yang tidak berbulu, misalnya kepala dan kaki. Beberapa radag bergabung dan terbentuklah radang yang besar sehinggga akhirnya akan membentuk keropeng besar.

Bila keropeng dilepas maka akan terjadi pendarahan dari lapisan di bawahnya. Proses cacar di daerah mata sering terjadi. Pada cacar basah akan terlihat bercak berwarna kuning pada selaput lendir mata dan larynx. Dari bercak di atas akan terbentuk membran semu yang sering kali menyebabkan penyumbatan saluran hawa yang mengakibatkan penderita mati tercekik.

PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN

  1. Ayam penderita harus segera dipisahkan dari ayam yang sehat
  2. Kandang dan peralatan yang tercemar dibersihkan dan disuci hamakan dengan desinfektan atau disemprot dengan insektisida untuk mengurangi populasi lalat.
  3. Lakukan vaksinasi cacar pada anak ayam.
  4. Usaha peternakan dikelola dengan baik sehingga tercipta suasana nyaman bagi ayam, jumlah ayam dalam kandang tidak terlalu padat, liter jangan berdebu dan terlalu berlembab, ventilasi kandang cukup dan sepandan mungkin dilakukan seistem all in all out.
  5. Peralatan peternakan di cuci, Rendam dalam minimal 30 menit dengan anti septik. Majukan dan mundurkan jadwal desinfeksi jika harinya bertepatan dengan jadwal vaksinasi

PENGOBATAN
Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok Aduan sampai sat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit Fowl Pox. Usaha yang dapat dilakukan adalah meningkatkan nafsu makan dengan memberikan vitamin, sedangkan untuk mencegah infeksi sekuder bisa dilakukan dengan memberikan antibiotik.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga