Manfaat Buah Pinang Untuk Ayam Bangkok Aduan

Wednesday, October 26, 2016

Manfaat Buah Pinang Untuk Ayam Bangkok Aduan – Umumnya di Indonesia dengan sistem usaha peternakan yang masih bersifat tradisional, sebagian besar waktu ternak diumbar di pekarangan atau sekeliling rumah dan jika Ayam Bangkok Aduan terkena penyakit cacingan maka akan mengurangi kesehaatan ayam Bangkok, apa lagi untuk ayam Bangkok aduan akan membuat ayam menjadi lemas.

Manfaat Buah Pinang Untuk Ayam Aduan
Pada ayam bangkok aduan misalnya, sebagian besar faktor penyebab terjangkitnya penyakit disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit.  Cacing adalah salah penyakit pada ayam bangkok aduan  yang disebabkan oleh parasit yaitu cacing gelang (Ascaradia galli) yang menyebabkan askariasis, sedangkan pada ternak ruminansia seperti cacing hati (fasciola hepatica).

Khusus pada ayam bangkok aduan, jika terserang penyakit cacing penampilannya tampak pucat, lesu, kurus dengan sayap menggantung serta kondisi yang berangsur-angsur menurun hingga dapat menyebabkan terjadinya kematian.  Gejala akan jelas terlihat setelah dua minggu terjadinya infeksi, dan ini lebih banyak disebabkan karena larva cacing menembus dan merusak mukosa usus.  Infeksi ini dapat menurunkan daya tahan tubuh ayam sehingga mudah terserang penyakit lain sehingga dapat menyebabkan kematian. (Naipospos, TSP. 2007)

Berikut ini ada sebuah tips saya angkat dari forum papaji yakni pengobatan menggunakan buah pinang (jambe) Inilah cara membuat obat untuk membasmi atau mengatasi cacing pada pencernaan ayam dengan menggunakan buah pinang.

1. Siapkan biji pinang kering. 1 biji buah pinang dapat mengobati 2 ekor ayam
2. Biji pinang dihaluskan dengan diparut atau hanya diuleg sampai hancar
3. Campurkan sedikit air untuk langsung diminumkan kepada ayam
4. Bisa juga biji pinang halus langsung diberikan kepada ayam

Reaksi obat cacing dari pinang ini tidak lama. Kurang dari 1 jam, masukkan ayam kedalam kandang dan anda bisa melihat cacing keluar dari tubuh ayam melalui kotoran ayam. ini pengobatan secara alami dan tidak menimbulkan efek samping pada ayam.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga